Jadi Khatib, Wagubri Ajak Memahami Bacaan Bismillahirrahmanirrahim  

Sabtu, 14 Januari 2023 - 07:30:12 WIB
Share Tweet Google +

PEKANBARU, CATATANRIAU.com | Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Brigjen TNI (Purn) H Edy Natar Nasution SIP bertindak menjadi khatib shalat Jum'at di Masjid Paripurna Abidin Kota Pekanbaru, Jumat (13/01/2023)

Dari atas mimbar, Wagubri Edy Natar Nasution mengatakan, bahwa judul khutbah yang akan Ia disampaikan adalah "Memahami Kasih Sayang Allah Melalui Bacaan Bismillahirrahmanirrahim" judul ini memang sengaja di sampaikan mengingat banyaknya kasih sayang yang Allah berikan kepada hambanya.

"Setiap hari kita mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim tapi apakah kita pernah merenung apa sesungguhnya makna yang terkandung dalam bacaan tersebut, dalam bacaan tersebut terdapat yang artinya maha pengasih dan maha penyayang," papar Wagubri.

Kalau berbicara pengasih dan penyayang semua manusia mempunyai sifat pengasih dan penyayang, tetapi maha pengasih dan maha penyayang hanya Allah yang memiliki.

"Mari sama-sama kita renungkan, sekali hambanya melakukan kebaikan Allah akan balas sepuluh kebaikan, tetapi kalau hambanya melakukan kemaksiatan Allah akan balas seimbang dengan apa yang dia lakukan," ujar Edy lebih jelas lagi.

Seperti yang tertulis di dalam Al-Qur'an Surat Al-An'am ayat 160 yang Artinya.

"Barang siapa yang berbuat kebaikan mendapat sepuluh kali lipat amalnya, dan barang siapa yang berbuat kejahatan maka akan di balas seimbang dengan kejahatannya, mereka sedikit pun tidak di rugikan atau di zolimi"

Kasih sayang Allah bukan hanya kepada manusia saja tetapi kepada seluruh mahkluk yang telah dia ciptakan baik di langit maupun di bumi.

"Jin saja yang sudah di kutuk oleh Allah, karena tidak mau mengikuti perintahnya untuk sujud kepada Nabi Adam As masih Allah berikan penangguhan kepada jin sampai akhir zaman, kita lihat apa yang terjadi Allah masih mengabulkan permintaan jin Ababil," Kata Wagubri.

Ini salah satu kalau Allah itu maha pengasih dan maha penyayang kepada seluruh hamba-hamba-Nya, Nabi Musa As bertanya kepada Allah sebesar apa kasih sayang Allah kepada hambanya, Allah menjawab, kasih sayang orang tua terhadap anaknya tidak ada seujung kuku jika dibandingkan dengan kasih sayang ku terhadap hamba ku.

Diakhir khutbah nya Wagubri mengajak kaum muslimin/muslimat untuk sama-sama meningkatkan ketakwaan  kepada Allah SWT sehingga menimbulkan rasa cinta dan kasih sayang kepada Allah SWT.

"Mari sama-sama kita renungkan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, sudah berapa banyak nikmat dan kasih sayang yang Allah berikan kepada kita dan apa yang telah kita perbuat selama ini membalas kasih sayang yang Allah berikan," pungkasnya mengakhiri.***

Laporan : E.S.Nasution

Editor : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex